peluang usaha

Rabu, 28 Mei 2014

Pintu ar-Rayyan

marhaban ya ramadhan

Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu..

Berita Gembira! Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang dinamakan ar-Rayyan, yang akan masuk melaluinya pada Hari Kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa. Tidak akan masuk seorang pun melaluinya selain mereka. Lalu diserukan, “Manakah orang-orang yang berpuasa?” Maka mereka pun berdiri. Tidak ada seorang pun yang akan masuk melalui pintu ar-Rayyan ini kecuali mereka. Setelah semua masuk, maka pintu itu pun ditutup, sehingga tidak ada lagi yang bisa masuk melaluinya.” (Muttafaq ‘alaih).

Saudaraku, untuk menyemangati Ramadhan kita ini, bacalah dengan iman sabda Nabi Saw di atas. SubhanAllah, betapa tinggi dan mulianya Allah menempatkan orang-orang yang berpuasa. Buah dari keikhlasan dan kesabarannya, teristimewakan dengan memasukkan ke dalam surga melalui pintu khusus yang bernama “ar-Rayyan”.

Kata ar-Rayyan berasal dari bentuk infinitif ar-ray yang berarti pengairan, segar, dan pemandangan yang indah. Nama ini sesuai dengan keadaan orang-orang yang berpuasa yang menahan dirinya dari makan dan minum. Dan dahaga inilah yang lebih dominan dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa dibanding rasa lapar.

Zain Ibnu al-Munir mengatakan, “Rasulullah mengatakan ‘pintu ar-Rayyan ada di dalam surga’, tidak mengatakan ‘bagi surga pintu ar-Rayyan’, agar orang-orang merasa bahwa dalam pintu tersebut mendapati kenikmatan dan kenyamanan surgawi (kenikmatan di dalam kenikmatan) yang tidak putus. Maka hal ini akan menambah keinginan dan kerinduan kepadanya”.

Hadis senada dengan di atas juga diriwayatkan oleh Imam al-Nasa’i dan Imam Ibnu Khuzaimah, dari Sa’id bin ‘Abdurrahman, dan yang lainnya. Dalam riwayat ini terdapat tambahan, “Siapa yang memasukinya (memasuki pintu ar-Rayyan), maka akan meminum darinya. Dan siapa yang meminum darinya, maka tak akan dahaga selamanya”.

Keterangan tambahan ini merupakan penegasan dari penghormatan Allah, sang pemelihara alam kepada orang-orang yang berpuasa, sekaligus sebagai reward spesial bagi mereka. Sejatinya pahala dan balasan Allah bagi orang-orang yang berpuasa adalah penuh, besar, dan tiada terhitung. Ada pun masuknya orang-orang yang berpuasa melalui pintu ar-Rayyan ini merupakan tambahan pahala dan penghormatan semata.

SubhanAllah, betapa besar kasih sayang Allah kepada hamba-Nya yang berpuasa. Hadiah surga VIP yang bernama ar-Rayyan ini diberikan khusus kepadanya.

Ya Allah, ampunilah seluruh dosa kami, maafkan seluruh kesalahan kami, terimalah taubat kami dan ridhailah kami masuk dalam surga ar-Rayyan-Mu. Aamin.

0 komentar:

Posting Komentar